Senin, 11 Agustus 2008

UNIT LINK untuk Asuransi Pendidikan Anak

. Senin, 11 Agustus 2008

UNIT LINK adalah program asuransi plus investasi yang manfaat perlakuannya sangat fleksibel. Sehingga memberikan keleluasan untuk memproyeksikan program unit link ini terhadap berbagai kebutuhan perencanaan keuangan masa depan customer. Untuk tujuan sebagai asuransi pendidikan anak, program Unit Link dapat di pergunakan sebagai Asuransi Dana Pendidikan maupun sebagai Asuransi Rencana Tabungan Pendidikan.

Manfaat proteksi merupakan tujuan utama daripada program ini dan bersifat pasti untuk perlindungan pada customer. Sedangkan manfaat investasi hanyalah bonus yang kemudian dapat dijadikan alternatif investasi yang cukup produktif, disamping investasi lain yang telah customer miliki sebelumnya. Investasi financial dimana pun memiliki sifat yang tidak pasti dan sangat tergantung pada pilihan paket investasi dengan tingkat resiko dan return yang berbanding lurus.

Untuk tujuan sebagai asuransi pendidikan anak, Unit Link dapat di pergunakan dengan pilihan perlindungan terhadap kebutuhan dana pendidikan maupun perlindungan terhadap rencana menabung untuk pendidikan. Masing masing pilihan memiliki objek tertanggung yang berbeda. Asuransi dana pendidikan akan menjadikan orang tua sebagai tertanggung utama. Sedangakan asuransi rencana tabungan pendidikan akan menjadikan anak sebagai tertanggung utama dan orang tua sebagai tertanggung tambahan.

Program Unit Link merupakan pola kepemilikan asset positip yang langsung dapat dimiliki secara utuh dengan modal yang sangat kecil. Terkait dengan Asuransi Dana Pendidikan, maka manfaat uang pertanggungan akan diterima apabila orangtua yang menjadi tertanggung meninggal dan ahli waris akan langsung menerima seluruh uang pertanggungan tanpa perlu melanjutkan pembayarannya. Uang pertanggungan yang direncanakan tersebut akan cukup memenuhi seluruh kebutuhan dana pendidikan anak hingga usai. Dana tersebut dapat di investasikan kembali untuk memastikan keberadaan dana pendidikan anak di tahun tahun selanjutnya. Bila tidak terjadi resiko selama masa pendidikan anak, maka saldo investasi dapat digunakan untuk menambah kebutuhan dana pendidikan anak dan selanjutnya uang pertanggungan akan dapat menjadi warisan kelak yang sangat berharga untuk anak dan keluarga tercinta.

Program Unit Link memiliki fasilitas pilihan asuransi tambahan yang disebut Payor. Terkait dengan Asuransi Rencana Tabungan Pendidikan bilamana terjadi resiko terhadap orang tua, maka manfaat perlindungan asuransi akan melanjutkan rencana menabung tersebut hingga usia anak mandiri. Dengan demikian, pendidikan anak akan tetap berlangsung sesuai budget yang direncanakan di awal. Dan bila tidak terjadii resiko pada orang tua, maka saldo investasi yang terbentuk dari tabungan akan dapat memenuhi kebutuhan pendidikan anak dan selanjutnya polis dapat diwarikan pada anak dengan perlindungan uang pertanggungan yang sangat besar dan dengan biaya yang sangat murah. Semakin tua usia tertanggung, maka semakin kecil uang pertanggungan dan semakin besar biaya asuransinya. Sehingga membeli polis di usia muda akan menjadi lebih murah. Untuk pilihan ini, Unit Link yang diambil umumnya dengan nilai dan jumlah proteksi yang minimum. Dana yang di tabung lebih diprioritaskan pada alokasi investasi untuk kebutuhan pendidikan anak ke depan.

Dana yang terbentuk dalam saldo investasi dapat di tambahkan maupun di tarik setiap saat untuk memenuhi kebutuhan perencanaan keuangan customer. Informasi perkembangan saldo investasi dapat di cek setiap saat melalui customer support atau minta melalui agennya masing masing. Untuk transaksi penarikan maupun penambahan dana, membutuhkan satu pengisian formulir untuk di proses oleh pihak asuransi dan dalam waktu tertentu, dana akan di tranfer langsung ke rekening customer.

Sebagai contoh perhitungan atau perencanaan keuangan untuk pendidikan anak. Bapak Ade yang kini berusia 34 thn memiliki seorang anak wanita usia 4 thn. Bapak Ade merencanakan pendidikan kuliah anaknya di luar negeri. Dari data yang diterima, bahwa kuliah di Singapura untuk bidang sosial membutuhkan biaya pendidikan Sing.$ 26.000 / thn dan Biaya Hidup Sing.$ 12.000 / thn, sehingga totalnya Sing.$ 38.000 / thn. Sedangkan inflasi rata rata per tahun di singapura adalah 1,4 %. Dari data tersebut akan kita ketahui, berapa dana yang harus di tabung Bapak Ade dari sekarang bila return rata rata investasi per tahun adalah 16 % dan berapa uang pertanggungan yang sebaiknya Bapak Ade miliki untuk mengamankan pendidikan anak tercinta tersebut serta berapa dana yang disetorkan kedalam program ini untuk memenuhi perencanaan keuangan ideal yang memberikan proteksi maksimum dan juga saldo investasi yang cukup di saat kuliah ?

Total biaya yang dibutuhkan kini selama pendidikan adalah 38.000 X 4 = Sing.$ 152.000 atau Rp 912.000.000 (kurs Rp 6.000). Untuk jumlah tersebut, maka pada saat kuliah atau 14 thn kemudian akan menjadi Rp 1.108.080.000 (inflasi 14%). Bila menabung dari sekarang hingga 14 thn kemudian, akan dibutuhkan budget sebesar Rp 21.872.878 / thn. Sedangkan bagi mereka yang menabung hanya selama 5 thn kedepan, maka tabungan yang dilakukan akan menjadi lebih besar yaitu Rp 36.524.491 / thn.

Selanjutnya akan kita masukan dalam perhitungkan program asuransi yang direncanakan. Bila yang dipilih adalah Asuransi Dana Pendidikan, maka Uang Pertanggungan minimum yang harus dimiliki Bapak Ade adalah Rp 912.000.000. Sedangkan jika pilihannya adalah Asuransi Rencana Tabungan Pendidikan, maka budget yang di sertakan per tahun adalah Rp. 21.873.000. Dengan mengunakan New Flexi Account allianz Indonesia akan di peroleh ilustrasi proposal, sbb :

Asuransi dana Pendidikan :

Tertanggung Utama adalah orang tua usia 34 thn, dengan pembayaran Rp 21.873.000 selama 14 thn akan diterima manfaat :

  • Proteksi Dasar terhadap Tertanggung hingga usia 100 thn (Bila arang tua meninggal) : Rp 912.000.000
  • Saldo investasi pada 14 tahun kemudian (Bila return rata rata per tahun 16%) : Rp 791.447.000
Asuransi Rencana Tabungan Pendidikan :

Tertanggung Utama adalah ananda usia 4 thn dan Pemegang polis adalah orang tua usia 34 thn , dengan pembayaran Rp 21.873.000 selama 14 thn akan diterima manfaat :
  • Proteksi Dasar terhadap tertanggung (Bila anak meninggal) : Rp 150.000.000
  • Proteksi Tambahan terhadap Pemegang Polis (Bila orang tua meninggal), maka rencana tabungan akan dilanjutkan oleh asuransi hingga usia orang tua seolah olah 65 tahun.
  • Saldo investasi pada 14 tahun kemudian (Bila return rata rata per tahun 16%) : Rp 930.190.000
Demikianlah ilustrasi proposal New Flexi Account Allianz Indonesia bila di rencanakan untuk memenuhi sisi proteksinya saja. Bila selanjunya direncanakan hingga untuk memenuhi ketersediaan dana tunai pada 14 thn kemudian sebesar Rp 1.108.080.000, maka perlu dilakukan penambahan pada alokasi investasinya. Sehingga perencanaan ini menjadi sangat ideal untuk mengamankan cita cita ananda tersayang melalui pendidikan berkualitas dan terencana.

Perhitungan di atas dapat juga digunakan untuk merencanakan kebutuhan dana pensiun maupun rencana keuangan masa depan lainnya. Silakan sampaikan kebutuhan anda untuk kami bantu menghitung perencanaannya secara detail dari sisi proteksi dan juga sisi investasinya. Kami bersama team agen asuransi profesional dan berkomitmen jangka panjang akan mendampingi langsung perencanaan anda hingga mensupportnya secara online. Anda dapat menemui kami melalui chating, email, telephone, hingga undangan untuk kami hadir di tempat anda.

0 komentar:

 
Allianz Indonesia is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com