Senin, 11 Agustus 2008

Tips memilih Perusahaan Asuransi

. Senin, 11 Agustus 2008

Pertumbuhan lembaga asuransi yang tidak dibarengi dengan peningkatan pada kualitas layanan, keunggulan program, dan kekuatan financial perusahaan, tentu akan menjadi bumerang dan merugikan customer pada akhirnya. Gunakan 8 (delapan) indikator jitu ini untuk menemukan perusahaan asuransi terbaik anda. Jangan sampai karena rumor negatif atau informasi dari pelaku asuransi yang tidak bertanggung jawab, kemudian harus menjauhkan anda dan keluarga dari fungsi asuransi yang teramat mulia.

Perusahaan asuransi di Indonesia saat ini berkembang pesat dengan adanya beberapa regulasi pemerintah untuk terus mendukung pertumbuhan asuransi sebagai salah satu pilar ekonomi masyarakat. Pertumbuhan yang pesat dan tidak dibarengi dengan peningkatan pada kualitas layanan, keunggulan program, dan kekuatan financial perusahaan, tentu akan menjadi bumerang dan akan merugikan customer pada akhirnya. Karena itu,sangat perlu untuk mengetahui bagaimana cara memilih perusahaan yang tepat untuk menjadi pengelola aset dan rencana keuangan anda ke depan.

Beberapa hal yang menjadi dasar pertimbangan adalah :

  1. Ranking perusahan
  2. Usia perusahaan
  3. Jaringan perusahaan
  4. Kinerja financial perusahaan
  5. Standar layanan customer service
  6. Performance perusahaan
  7. Visi dan target perusahaan
  8. Kerjasama penjualan
Ranking perusahaan dapat dilihat melalui beberapa media yang sudah konsisten meliput dan mempublikasikannya secara berkesinambungan. Ada dua level perusahaan yaitu level nasional dan internasional. Untuk level internasional perlu untuk melihat group dari perusahaan asuransi tersebut. Seberapa besar bisnis dari group akan terlihat dalam jumlah aset yang dikumpulkan hingga saat ini. Lihat majalah Fortune 500 setiap edisi no. 13 terbitan bulan agustus ( www.fortune.com ). Majalah ini secara independen dan konsisten melakukan riset untuk kemudian dipublikasikan tentang ranking 500 perusahaan terbesar di dunia dari berbagai jenis industri. Dalam laporan tersebut akan terlihat nominal yang akan menentukan berapa besar aset, income, dan profit beserta rankingnya masing masing. Untuk mendapatkan majalah terbatas ini, dapat hubungi 021-8091928 atau hub kami untuk melihat arsip majalahnya. Sedangkan untuk level nasional ( di indonesia ), sangat banyak di publikasikan oleh majalah keuangan, seperti infobank, proteksi, dsb.

Usia perusahaan akan mencerminkan komitmen dan integritas perusahaan yang dapat bertahan melewati berbagai krisis ekonomi global ataupun permasalahan besar lainnya. Usia yang tua juga memberikan kematangan konsep bisnis perusahaan dan standar prosedur kerja yang efektif dan efisien. Upaya inovatif pun akan lebih cepat dilakukan untuk mendekatkan perusahaan pada customer. Banyak orang menyampaikan kepada kami tentang kekhawatirannya, jangan sampai perusahaan yang mati lebih dahulu daripada customer yang diproteksinya. Untuk perusahaan internasional yang menjadi perusahaan patungan di indonesia, rata rata merupakan perusahaan yang sangat tua, melebihi usia manusia pada umumnya. Sedangkan untuk perusahaan swasta nasional yang banyak tumbuh belakangan ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk membuktikan kelanggengannya.

Jaringan perusahaan yang luas akan menjadi jaminan untuk customer mendapatkan layanan yang baik. Bisnis Asuransi adalah bisnis kepercayaan yang dituangkan dalam sebuah polis untuk saling mengikat tumbuh bersama memenuhi tujuan masa depan. Dengan luasnya jaringan dan target pemasaran, tentunya perusahaan asuransi tidak akan berani mempermainkan atau menelantarkan customer di satu negara atau daerah, karena pasti akan sangat mempengaruhi bisnisnya di negara atau daerah lainnya. Permasalahan yang muncul ke media akan sangat mempengaruhi image dan kepercayaan customer, apalagi kalau sampai memasuki area hukum. Kalaupun ada dengan alasan bisnis, suatu perusahaan asuransi yang tidak lagi melanjutkan bisnisnya di Indonesia, para customer akan dihibahkan pengelolaanya kepada perusahaan asuransi lainnya. Misalnya : Metlife kepada Sequislife, Jhon handcook kepada manulife, dsb.

Kinerja finansial perusahaan di indonesia dapat dilihat pada laporan keuangan tahunan yang pasti dipublikasikan di berbagai media nasional atau dapat dilihat di website perusahaan masing masing. Dalam laporan tersebut akan memperlihatkan besarnya aset, income, profit, dan Risk Based Capital ( RBC ). Untuk sederhananya, anda dapat melihat berapa besar RBC dan apakah RBC tsb sudah melebihi daripada ketentuan RBC pemerintah yaitu 120 %. Jumlah RBC yang optimum akan menentukan besarnya efektifitas perusahaan dalam mengelola keuangan dan investasinya, karena RBC yang sangat besar akan menunjukan besarnya ketersediaan dana cadangan yang parkir untuk mengantisipasi resiko bila terjadi klaim atau masih sangat kecilnya jumlah potensi klaim dibandingkan modal yang tersedia. Sedangkan RBC yang terlalu kecil mendekati batas ketentuan 120 % akan menunjukan rendahnya kemampuan pembayaran bila terjadi klaim.

Standard layanan customer service merupakan perwakilan dari sekian banyak layanan yang nantinya diterima customer. Untuk maksud mencari informasi dan pembuktian, sebaiknya anda datang langsung ke kantor pusat menemui front office atau paling tidak anda coba menghubungi telepon hotline servicenya. Berkomunikasilah untuk melihat dan merasakan kualitas layanan, apakah sangat memuaskan atau tidak ? Coba lihat di dunia perbankan, mereka sangat memperhatikan hal detail tentang layanan customer. Sambutan yang hangat, layanan yang cepat, dan memberikan solusi adalah idaman setiap customer. Pastikanlah anda mendapatkan semua itu.

Performance perusahaan sangat dekat dengan image atau pencitraan. Perhatikanlah setiap momentum ataupun kegiatan perusahaan. Bagaimana tampilan pencitraan yang dimunculkan saat itu. Bagaimana perusahaan melayani para agen berprestasinya. Perhatikan sponsorship yang monumental dan berkesinambungan. Lihatlah aktivitas sosial yang dilakukan perusahaan terhadap masyarakat. Semua itu merupakan wujud nyata perusahaan untuk selalu dapat menjaga reputasi dan integritasnya pada masyarakat luas. Sehingga customer menjadi bangga dan nyaman untuk terus berbisnis dengan perusahaan. Demikian juga terhadap para agen yang semakin bersemangat untuk berproduksi dan tampil menjadi yang terbaik.

Visi dan target perusahaan akan menunjukan seberapa cepatnya inovasi dan keunggulan berkompetisi suatu perusahaan dalam mencapai tujuan tujuan bisnisnya. Dengan demikian akan semakin terlihat perusahaan tersebut hadir melayani untuk jangka waktu yang panjang atau tidak. Di sisi lain ada satu pertanyaan, mana yang memiliki semangat lebih tinggi, sang juara atau pihak lawan yang berjuang merebut juara. Kondisi pada umumnya, sang Juara bertahan akan bertanding seperti sebelumnya dengan tekanan psikologis cukup berat, sedangkan pihak lawan yang akan mengejar posisi nomer satu pasti memiliki semangat yang berlipat dan keunggulan berkompetisi yang luar biasa, sehingga berani mendeklarasikan diri untuk merebut posisi tersebut dari lawannya. Apakah anda akan memilih sang juara atau pihak lawan sebagai idola ? Bukan untuk maksud memilih, tapi lebih memperlihatkan bahwa kedua-duanya memiliki hal positif. Coba untuk melihat sisi lain yang juga anda butuhkan untuk menghasilkan keputusan terbaik.

Kerja sama pemasaran produk juga dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Siapakah dan seberapa banyak perusahaan yang berkomitmen untuk bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut ? Karena pihak perusahaan yang akan bekerja sama, sudah pasti melakukan fit & proper test yang sangat mendalam. Hal ini tentunya akan memberikan gambaran, bahwa sekian perusahaan besar sudah mengakui dan berkomitmen untuk bekerja sama, tentunya perusahaan asuransi tersebut telah memenuhi kelayakan bisnis yang matang.

Dengan menggunakan 8 indikator tersebut diatas, tentunya akan dapat membantu anda mengurangi resiko salah pilih yang kemudian memberikan hasil layanan yang tidak memuaskan dengan program dan kinerja yang sangat tertinggal di bandingkan kompetitor lainnya. Apalagi program asuransi diproyeksikan untuk kebutuhan yang sangat panjang. Lakukanlah upaya pembuktian terhadap indikator tersebut bersama agen profesional atau sumber yang dapat dipercaya. Jangan sampai karena rumor negatif atau informasi dari pelaku asuransi yang tidak bertanggung jawab, kemudian harus menjauhkan anda dari fungsi asuransi yang teramat mulia tersebut. Sebagai tambahan referensi, anda dapat membaca tulisan tulisan kami yang lainnya.

0 komentar:

 
Allianz Indonesia is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com